Ukuran Watt Power Amplifier dan Speaker Yang Sesuai

Daftar Isi

Ukuran Watt Power Amplifier dan Speaker Yang Sesuai - Output dari power amplifier yang masuk ke speaker adalah arus bolak balik (ac). Tidaklah mungkin sebuah power amplifier mampu mengeluarkan daya arus yang full ac.

Pasti ada sedikit bocoran yang berbentuk dc, namun bocoran dc ini haruslah sangat kecil. Maksimal 0,50 volt. Jika terlalu besar, bisa dipastikan spul speaker akan mati terbakar.

Watt Pada Power Amplifier

Satuan ukur output power amplifier adalah watt. Sebuah power amplifier mengeluarkan besaran watt sesuai spesifikasinya. Dalam sebuah amplifier, keluaran watt ini bisa berbeda sesuai beban dari speaker.

Misalnya sebuah amplifier mengeluarkan daya 1000 watt pada beban 8 ohm. Watt ini otomatis meningkat ketika amplifier diberi beban 4 ohm. Bisa hampir dua kali lipatnya dari watt ketika diberi beban 4 ohm.

Dari power amplifier kemudian dimasukkan ke speaker. Sebuah speaker harus mampu menghandel daya watt dari power amplifier. Jika speaker tidak mampu menghendelnya, maka speaker akan rusak.

Watt Pada Speaker

Sebuah speaker juga memiliki spesifikasi watt yang bisa hendel oleh speaker tersebut. Maksimal watt dalam spesifikasi sebuah speaker ini adalah kemampuan speaker dalam menghendel daya dari amplifier. Contohnya seperti ini:

Kemampuan Sebuah Speaker
Kemampuan Sebuah Speaker

Speaker diatas memiliki kemampuan maksimal 500 watt. Meskipun memiliki kemampuan 500 watt, namun jangan menggunakan power amplifier yang 500 watt pula, karena ini kemampuan maksimal speaker.

Sebenarnya sebuah speaker itu ada spesifikasi watt kontinyu dan watt maksimal. Biasanya watt kontinyu itu separoh atau 3/4 watt maksimal. Dan jika digeber dengan watt maksimal, suara yang keluar biasanya agak cacat.

Ukuran Watt Power Amplifier dan Speaker Yang Sesuai

Idealnya watt power amplifier harus lebih kecil dari maksimal watt speaker. Lebih tepatnya kita menggunakan watt kontinyu speaker. Lebih boleh, asalkan tidan melebihi kemampuan maksimal speaker.

Jika power amplifier yang digunakan berdaya besar, maka volumenya tidak boleh kita maksimalkan. Tujuannya agar speaker tidak kelebihan tenaga dari amplifier.

Demikianlah artikel tentang ukuran watt power amplifier dan speaker yang sesuai. Semoga bisa dipahami dan bermanfaat.